BBM UNTUK PC MENGGUNAKAN ANDROID SDK


Halo teman-teman tampaknya hari ini adalah hari menggembirakan buat kita semua. Karena baru saja google merilis android versi terbaru 4.4 "kitkat". Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin berbagi tutorial ringan mengenai bagaimana cara menjalankan blackberry messenger (bbm) di pc/komputer kita dengan menggunakan android sdk (software Development Kit). Sebenarnya saya ingin menggunakan genymotion untuk tutorial ini, namun karena genymotion di pc saya sedang tidak sehat saya jadi males. Lagi pula saya ingin icip2 sdk android 4.4 kitkat, oleh karena itu pakai android sdk saja.

langsung saja, yang anda butuhkan pertama kali adalah koneksi internet maha cepat. Ehmm.. sebenarnya tidak perlu koneksi internet maha cepat yang penting bisa streaming video youtube kualitas HD dengan lancar tanpa patah2. jika internet sudah siap, silahkan donlod bahan2 dibawah ini:

- Java Runtime Environment (JRE), Download disini.
setelah terdownload langsung install..

- Android SDK for windows, download disini..

- BBM for Android, apk v72 download disini

Setelah JRE terdownload silahkan diinstall, kemudian ekstrak android SDK. Lokasinya terserah. kemudian download BBM V 1.0.0.72.apk. Kemudian rename aplikasi ini menjadi bbm.apk supaya tidak ribet pada saat install.

jika android sdk sudah terekstrak, silahkan buka sdk manager.exe. Kemudian buat Android Virtual device baru lewat Tools > Manage AVDs > New
Silahkan membuat spek virtual device sesuai dengan kemampuan hardware PC anda. kemudian tekan OK. jika muncul gambar seperti dibawah ini berarti AVD sukses!
Nah, sekarang waktunya menjalankan AVD yang sudah kita buat. Tinggal kita pilih Virtual Device di AVD manager, kamudian klik start..
Setelah itu AVD akan booting petama kali. Prosesnya lumayan lama dari booting hingga sampai homescreen. Harap sabar ya teman2.
jika sudah berhasil mencapai homescreen, saatnya kita menginstall bbm.apk yang telah di download sebelumnya. Copy bbm.apk ke folder direktory dimana anda mengekstrak android sdk, tepatnya di folder "platform-tools". contohnya saya mengekstrak android sdk di "my document" >> C:\Users\Nico\Documents\adt-bundle-windows-x86_64-20131030\sdk\platform-tools
langkah selanjutnya, instal dengan menggunakan command prompt. klik kanan forder "platform-tools" dengan menahan tombol "shift" kemudian pilih 'open command window here'. jika sudah muncul jendela command prompt, ketikkan perintah: adb install bbm.apk, proses instalasi ini cukup lama, harap sabar.

nah ssekarang anda sudah bisa menjalankan bbm for android melalui pc/komputer. Tinggal registrasi/ sign in seperti biasa dan anda bisa BBMan dari pc.

Selamat menikmati...!!!
BBM UNTUK PC MENGGUNAKAN ANDROID SDK BBM UNTUK PC MENGGUNAKAN ANDROID SDK Reviewed by AKIEF TAKAFUL on Wednesday, November 06, 2013 Rating: 5

1 comment:

  1. pak tolong klo ngopi artikel punya orang dikasih sumber!!!!!!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.