SISTEMATIKA SUMBER HUKUM ISLAM

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Hukum Islam mencerminkan seperangkat norma Ilahi yang mengatur tata hubungan manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan manusia lainnya dalam kehidupan sosial hubungan manusia dengan benda dan alam lingkunganhidupnya.Norma Illahi yang mengatur tata hubungan tersebut adalah kaidah-kaidah dalam arti khusus atau kaidah ibadah murni, mengatur cara dan upacara hubungan langsung antara manusia dengan sesamanya dan makhluk lain di lingkungannya.
Ciri khas hukum Islam, yakni berwatak universal, berlaku abadi untuk umat Islam dimanapun mereka berada, tidak terbatas pada umat Islam dimanapun mereka berada, tidak terbatas pada umat Islam di suatu tempat atau negara pada suatu masa, menghormati martabat manusia sebagai kesatuan jiwa dan raga, rohani dan jasmani, serta memuliakan manusia dan kemanusiaan secara keseluruhan, pelaksanaan dalam praktik digerakkan oleh iman dan akhlak umat Islam. Banyak teori tentang sumber hukum Islam, tetapi penulis akan menuliskan tentang sumber hukum Islam yang terdiri dari Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad. Dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai sumber-sumber hokum Islam dan metode Istidlal dari empat mazhab.

B. Rumusan Masalah
1. Apa saja sumber hukum islam ?
2. Metode apa saja yang di pakai dalam berijtihad?
3. Bagaimana metode istidlal dari empat mazhab yang popular?

C. Tujuan
Tujuan dituliskannya makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan kita akan sumber hukum Islam , metode-metode berijtihad dan metode Istidlal dari 4 mazhab.




Untuk Link Download Makalah Sistematika Hukum Islam silahkan klik disini


DAFTAR PUSTAKA

Hj. Huzaemah Tahido Yanggo, Prof. Dr. M.A, Pengantar perbandingan Mazhab, Jakarta: Gaung Persada (GP) Press, Cet ke-IV, 2011
H. Muhamad Daud Ali, Prof. S.H, Hukum Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.Cetakan XVI, 2011
Adiwarman Karim, Bank Islam: Analisis Fikih dan Keuangan, Jakarta: PT.RajaGrafindoPersada, 2004
Atang Abd. Hakim, dan Mubarak, Jaih, Metodologi Studi Islam, Bandung PT. RemajaRosdakarya, 2006
Azyumardi,Azra. Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta:Direktorat Perguruan Agama Islam.Cetakan III,2002.
Hadits Bukhari dan Muslim. Muhammad Ali As-Sayis. Sejarah Pembentukan Dan Perkembangan Hukum Islam. (terj) oleh Drs. H. Dedi Junaedi dan Dra. H. Hamidah, dari judul asli Tarikh Al-Fiqh Al-Islami.Jakarta:CV Akademia Pressindo.1996.
Nata, Abuddin. Al-Quran dan Hadits.Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.Cetakan VII, 2000.
Siba’i, al-Mustafa. Sunnah dan Peranannya Dalam Penetapan Hukum Islam. Jakarta:Pustaka Firdaus.cet. I,1991.

Tugas makalah : Akief Takaful STAI al Aqidah Al Hasyimiyyah Jakarta


SISTEMATIKA SUMBER HUKUM ISLAM SISTEMATIKA SUMBER HUKUM ISLAM Reviewed by AKIEF TAKAFUL on Monday, July 18, 2011 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.